7 Cara Menjaga Lingkungan Alam Agar Tetap Nyaman

Seperti yang Anda pahami, mengamankan dan melindungi lingkungan adalah tanggung jawab kolektif kita sebagai penghuni bumi. Kehidupan kita sehari-hari pasti akan terasa nyaman dan tenang jika bumi dilindungi. Sebaliknya, jika kita tidak peduli dengan kelestarian lingkungan, kita harus bersiap menghadapi berbagai bahaya yang terjadi, seperti bencana alam.  Berikut 8 cara untuk menjaga alam alami :

  1. Menanam Pohon

Menanam pohon adalah tindakan dasar namun sangat bermanfaat bagi lingkungan. Banyak kegiatan dan kampanye penanaman pohon yang biasanya dilakukan oleh pemerintah, organisasi maupun masyarakat. Namun, pernahkah Anda ikut ambil bagian? Perlu menanam pohon, Loopers.

  1. Jangan membuang sampah sembarangan

Sangat mudah, bukan? Siapa di antara Anda di tahun 2019 yang masih berantakan? Kamu harus bertaubat, Loopers, setiap ada banjir informasi, sampah biasanya disebut-sebut sebagai salah satu penyebabnya.

3. Melakukan Daur Ulang (Recycle).

Daur ulang adalah prosedur untuk memiliki kemampuan mengubah bahan bekas menjadi bahan baru, dengan tujuan melindungi dari limbah agar tidak menjadi barang berharga.

Tidak hanya menghasilkan barang-barang baru yang bermanfaat, daur ulang ini juga bermanfaat untuk mengurangi penggunaan energi, meminimalkan polusi udara, menurunkan kerusakan lahan, dan banyak keuntungan positif lainnya.

Daur ulang merupakan salah satu jenis strategi pengelolaan sampah yang kuat, yang meliputi :.

  • Menyortir.
  • Koleksi.
  • Memproses.
  • Distribusi.
  • Pembuatan barang / produk bekas.

Produk daur ulang terdiri dari kaca, baja, tekstil, kertas, sampah plastik, selain barang elektronik.

Sebenarnya kegiatan daur ulang ini lebih difokuskan pada sampah yang tidak dapat terurai secara alamiah, agar kerusakan lahan berkurang.

Daur ulang ini adalah salah satu kegiatan yang paling bermanfaat dan luar biasa. Masalahnya, prosedur daur ulang aluminium ringan dapat menghemat daya hingga 95% dan dapat meminimalkan insiden polusi udara hingga 95% bila dibandingkan dengan ekstraksi aluminium ringan dari tambang hingga prosedur di fasilitas produksi.

4. Menghemat daya listrik.

Inilah cara dasar berikut yang dapat Anda lakukan di rumah. Jika biaya daya listrik rumah Anda berkurang, Anda mungkin terlalu banyak menggunakan energi listrik. Coba matikan lampu jika tidak diperlukan, isi daya ponsel sesuai kebutuhan, matikan sistem komputer atau televisi bila tidak digunakan. Semudah itu, namun di sana Anda sebenarnya telah berkontribusi untuk menghemat daya yang diambil dari sumber daya bumi.

READ  Bahasa Indonesia untuk Anak

5. Memanfaatkan Kendaraan Umum.

Mirip dengan bersepeda, memanfaatkan transportasi umum dapat membantu mengurangi tingkat pembuangan gas yang masuk ke atmosfer bumi. Sama sekali tidak ada yang salah dengan menggunakan transportasi umum jika Anda tidak terburu-buru lagi. Sederhana bukan?

6. Bersepeda.

Selain sehat dan seimbang, bersepeda mengajak Anda untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Ya, sepeda tidak menimbulkan polusi udara seperti mobil bermesin yang lewat di jalan raya. Dan coba bayangkan jika banyak orang yang bersepeda di jalan raya, niscaya udara di atmosfer kita akan lebih bersih.

7. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Relevansi Konservasi Alam.

Berkaitan dengan nilai alam, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengenal nilai menjaga alam. Oleh karena itu, tugas kami adalah menawarkan sosialisasi atau menasehati publik secepatnya.

Jika kita dapat menjelaskan pentingnya alam, maka individu tentunya akan sangat berhati-hati dalam menggunakan air, tanah dan hal lain yang berhubungan dengan lingkungan. Pastinya mereka semua akan bergabung mengamankan suasana. Asalkan, setting ini tidak hanya dimanfaatkan oleh kita, tapi juga untuk masa depan negara kita.

Berbeda jika orang tidak mengetahui pentingnya menjaga alam, maka orang akan dengan mudahnya mengatur alam tanpa mempertimbangkan ancaman yang pasti akan muncul kemudian.

You May Also Like

About the Author: hanum