Budidaya Tanaman Mangrove dengan Baik dan Benar

Budidaya Tanaman Mangrove dengan Baik dan Benar

Mangrove merupakan tanaman yang hidup pada pasang surut air laut. Tanaman mangrove ini sangat bergantung pada pasang surut air laut. Tanaman ini juga harus dibudidaya dengan benar. Berikut ini adalah budidaya tanaman mangrove dengan baik dan benar.

Pembubidaya tanaman mangrove

Pembudidaya tanaman magrove ini memiliki cara yang tepat dan perlu diperhatikan agar menghasilkan hasil tanaman yang maksimal. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengupulkan buah mangrove yang dijadikan sebagai bibit mangrove. Pastikan bibit mangrove berasal dari tumbuhan mangrove yang berasal dari lokasi terdekat fdan kalian harus memastikan kondisi tanah yang sesuai untuk pembibitan

Setelah memilih bibit langkah selanjutnya ialah kalian dapat menanam langsung buahnya. Terdapat dua jenis proses yaitu dengan menanamnya secara langsung namun itu akan menghasilkan sekitar 20 sampai 30 % yang dapat berhasil. Cara keduanya dengan cara menyimpan bibitnya terlebih dahulu dan kemungkinan bibit dapat tumbuh 60 sampai 80% keberhasilan. Untuk menerima bibit yang baik, pengumpulan bibit dapat dilakukan pada bulan september hingga maret.

Anda harus memperhatikan beberapa hal mengenai cara menanam atau menyemai bibit dengan baik. Anda harus memperhatikan pemilihan tempat, pastikan tempat yang anda pilih tergenang oleh air sehingga anda tidak perlu menyiramnya, karena pada saat air pasang tumbuhan yang anda semai terendam oleh air.

Pada saat melakukan pembibitan dan penanaman pertama tama anda harus membuat lubang pada pelastik atau botol sebelum diisi tanah atau lumpur, tujuan di bolongi agar air yang berlebih dapat keluar. Kemudian bibit disematkan langsung kedalam botol yang sudah berisi tanah. Bibit bakau lebih baik bila terlebih dahulu disimpan ditempat yang teduh dan ditutupi selama 5 sampai 7 hari untuk menghindari batang bibit.

Pertumbuhan bibit

Terdapat beberapa faktor lingkungan yang berperan penting dalam pertumbuhan pohon mangrove ini, yaitu fisiografi pantai, pasang surut air, gelombang dan arus, iklim, oksiget terlalut hara dan salinitas.

READ  Kelebihan Dan Jenis Dari Mesin Pemotong Rumput

Pemeliharaan yang baik dan benar

Untuk merawat dan menjaga pohon mangrove dapat dilakukan dengan membuat penyangga pada batang tumbuhan mangrove yang baru dengan menggunakan kayu yang terbuat dari bambu dan kemudian batang tanaman di ikat dengan tali dan ditancapkan pada sekitar tanaman mangrove itu tumbuh. Cara lainya adalah dengan cara melakukann pengawasan rutin karena kemungkinan akar dengan adanya ekosistem laut lainya yang dapat merusak kawasan ekosistem pohon mangrove tersebut.

Manfaat tanaman mangrove

1. Dapat mencegah terjadinya erosi dan abrasi
2. Sebagai pencegah dan penyaring alami
3. Sebagai tempat hidup dan sebagai sumber makanan pada ekosistem laut lainya
4. Dapat mensyabilkan daerah pesisir
5. mencegar inrusi air laut

Demikian budidaya tanaman mangrove yang baik dan benar. S semoga dapat menambah wawasan kita semua dan dapat membantu anda dalam membudidayakan tanaman magrove.

You May Also Like

About the Author: yusuf