Mudik 2020: Skenario Kepolisian Dalam Menangani Larangan Mudik

Skenario Kepolisian Dalam Menangani Larangan Mudik 2020

Larangan Mudik Muncul Seiring dengan adanya pandemi virus corona di Indonesia, Presiden Jokowi memutuskan untuk mengadakan larangan Mudik Idul Fitri 2020. Keputusan yang diambil oleh Jokowi ini untuk mencegah penyeberan virus corona atau Covid – 19 yang semakin luas.

Dengan ini, kepolisian menyambut keputusan Jokowi terkait dengan larangan mudik. Kepolisian membentuk Operasi Ketupat 2020, operasi ini akan dilakukan secara rutin setiap harinya, dan lebih awal dilakukan. Karena biasanya operasi ketupat ini akan dilakukan H-7, maka dimajukan menjadi awal Ramadhan sampai dengan H+7.

Polri juga memastikan bahwa, tidak ada penutupan jalan antar daerah terkait dengan larangan mudik di tengan pandemi covid – 19. Karena, yang akan dilarang keluar masuk wilayah zona merah adalah angkutan penumpang dan pribadi. Namun untuk kendaraan yang mengangkut logistik masih akan di izinkan beroperasi.

Pos Pengaman Mudik dengan Protokol Covid 19

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan bahwa kepolisian akan membangun 2.582 pos. Pos ini akan tersebar diseluruh Indonesia selama Operasi Ketupat 2020, pos – pos tersebut mencakup pos pelayanan, pos keamanan, dan pos terpad. Inti pengamanan yang dikedepankan akan mengutamakan mengenai protokl Covid – 19. Dimana masyarakat akan dianjurkan untuk memakai masker dan sebagainya.

Namun, Polda Metro Jaya menyiapkan 19 pos pengamanan terpadu. Pos ini adalah guna untuk mengantisispasi masyarakat yang akan nekat mudik ke kampung halamannya. Ada sebanyak 16 pos yang akan dibangun di jalur arteri perbatasan wilayah dan 3 pos lainnya  akan didirikan di tol.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, 16 pos akan dijadikan sebagai check point atau titik pemeriksaan. Check point ini berada di jalur arteri yang tersebar di wilayah Depok, Tanggerang, dan juga Bekasi (Detabek).

Wilayah Depok yang post check point yaitu, Jalan Raya Bogor – Cibinong, dan Citayam. Lalu di Wilayah Bekasi Kota di Sumber Arta, Bantargebang, dan Cakung. Sedangkan di Bekasi Kabupaten terdapat empat check point yaitu Cibarusah, Kedung Waringin, Pebayuran, dan Bojong Mangu. Dan Tanggerang Kota check point berada di Lippo Karawaci, Batu Ceper, Kebon Nanas,Ciledug  dan Jatiuwung. Terakhir yaitu Tanggerang Selatan yaitu ada di Puspitek dan juga Curug. Dengan adanya titik check point untuk memeriksa kesehatan pemudik ini. Diharapkan dapat mencegah penularan dan penyebaran virus corona ke pelosok daerah.

READ  Daftar Nama Selebritas dan Pesohor di Luar Negeri Positif Virus Corona

Sambodo Purnomo Yogo juga menambahkan, bahwa pihaknya tak akan segan – segan menyuruh pengendara untuk berputar balik jika pengendara tersebut melanggar kebijakan larangan mudik tahun ini. Lalu ia juga mengatakan, Operasi Ketupat terkait larangan mudik 2020 ini akan berlaku pada Jumat 24 April 2020.

Namun, meski mudik pulang ke kampung halaman dilarang tetapi masyarakat yang tinggal di Jadetabek masih diperbolehkan untuk keluar masuk ke wilayah Jakarta. Demikian juga dari Jakarta ke wilayah Detabek.

You May Also Like

About the Author: fasha